[MY OPINION] Pertama Kali Nyicip SAMYANG (mie yang lagi HITS dari Koriyah)

Selasa, 14 Juni 2016

Sebelumnya, minta maaf banget ya buat yang lagi puasa, aku buat postingan ini pas banget jam 10:39 Pagi karena udah gatel banget tangannya buat ngetik dan nyobain mie Samyang yang lagi hits dibeberapa sosmed. Kebetulan aku lagi ngga puasa dan sungguh lapar karena ngga nemu nasi selama 2 hari. (biasa, penyakit ngemil kumat. Kemarinnya Cuma kepengen makan seblak, es kelapa, terus di kasih donat sama es pisang ijo #WTH #ITUBANYAK #GAKTANYA)

jadi aku cerita dulu yah sejarahnya kenapa bisa tau samyang itu dari mana, tapi boleh diskip kok. kalo dibaca juga bagus, alhamdulillah hehe...

Awalnya tau mie samyang (yang-katanya-pedes-banget-sampe-dibikin-challenge) dari sobat sendiri, si fitri, soalnya dia nyari-nyari di Festival Citylink, Papaya, Setiabudhi Market (wilayah Bandung dan sekitarnya, sungguh ya dia terniat sekali) ngga ada dan belum restok. So, gue penasaran donggsss (abaikan).

Akhirnya pas nginep di temen KKN, dia mau beli samyang tuh di shopee mumpung lagi free ongkir, dan gilanya ini harga samyang varian sekali gengs, dari yang termurahnya itu sampai 15ribuan gitu daaann sampe 30ribuan gitu? Aku ngga bisa skrinsut harga samyang di shopee-nya, maklum hapeku lagi ngambek gak jelas.

Dan harga yang aku beli dari salah satu penjual samyang di shopee itu satuannya adalah 19ribu (mending beli ayam penyet samping alfamart ledeng itu udah kenyangnya bikin bego atau yang lebih murah lagi di kalangan anak geografi itu SR Delivery, dengan 19ribu udah ayam penyet yang gede, tahu+tempe/telor dadar, lalaban, cah kangkung, dan mungkin lo bisa simpen nasinya yang super melimpah buat 2 kali makan (buat yang 1 porsi) dan masih nyisa 7ribu buat beli pulsa, kan lumayan, atau pilihan terakhir bisa beli 6 bungkus mie dengan varian rasa dari mie kocok Bandung sampe bulgogi koriyah juga ada).


Oke langsung cuss aja ya, aku kira ini sama aja kaya mie instant khas Indonesia melimpah banget bumbunya, tapi pas buka bungkus samyang ternyata.....

cnewfj
merah : bumbu sambel || putih hitam : suwiran rumput laut dan wijen

Isinya cuma mie, sebungkus sambel (kaya semacam gochujang (pasta cabainya orang koriyah), sama sebungkus isi seuprit taburan rumput laut dan wijen. (gak ada bumbu kering yang asin asin gitu kaya mie lokal buatan Indonesia? Gak ada. Disitu kecewanya.) aku udah harap – harap cemas nih, soalnya pas kemaren temen aku nyari-nyari samyang ini dengan harga yang masuk akal, nemunya sekitar range harga 20 – 25 ribu, aku kira ga jadi beli. Yowislah. Eh, ada perasaan ngga enak gimana gitu, bisanya kalo ngerasa ngga enak gitu feelingnya bakal terjadi sesuatu. EH BENERAN KAN. Kejadian aja...

Akhirnya aku masak aja ya karena lapar, mau gimana lagi? Wanginya sih lumayan menggiurkan gitu. Akhirnya setelah masak, dan anget – anget gitu, masuk ke mulut, dikunyah terus direspon sama otak.

penampakan samyang setelah dimasak. 
P.S. maaf cuma di teflon, karena males banget buat naruh ke piring bersih, biar irit cucian dong yah.

Beberapa detik kemudian, setelah makan dan ditelan.
“kok hambar ya?” aku cobain lagi dan lagi.
“kok masih hambar ya?”
“ini mana pedas pedasnya kok gak muncul?”
“Apa ini samyang KW/replika?”
“Atau bumbu kering asin asin itu kebuang ya? Atau ngga dimasukin sama mesin/bagian packing pas ngebungkus mienya di koriyah sana?”

“Atau lidah aku mati rasa sementara kaya Dae Jang Geum di Jewel in The Palace yah?” (TOLONG ABAIKAN YANG INI)

GA ADA RASANYA... HAMBAR... L
Bayangin kaya kamu masak mie goreng pedas/dendeng balado gitu? Tapi kamu Cuma masukin sambel sama mienya doang, tapi bubuk kering asin asinnya lupa dan kebuang. Kaya gitu deh rasanya! I swear by the moon and the stars (ala ala big nose hyung/ji suk jin di Running Man jaman 2010an. APA BANGET SIH UL? ALAY)

Apa aku yang salah? Apa mereka yang jual samyang yang salah? Atau emang selera aku beda sama mie ini? jaaauuuuh beneran dari ekspektasi aku, jadi saran aku mending makan mie ini dicampur sama tteokbokki bikinan sendiri (resepnya nanti ya aku tulis di blog ini). Terus bentuk mienya sendiri si samyang ini kaya mie burung dara yang pipih. (yaudahlah ya aku taunya cuma merk itu, bukan bermaksud nge-endorse HAHA)

beda banget kan warna di bungkusnya sama apa yang aku masak? -_-

Kecewa sih sama mie ini, dimana letak pedasnya sampe dibikin samyang challenge? Atau cara masak mie aku sama orang Korea sana yang beda? Atau dimasaknya kudu masukin air rebusan mie, mie, sama bumbu barengan jadi gausah ditiriskan si mienya? I don’t know. Tapi aku ngubek lagi bungkusan mie yang udah aku buang bener kok tutorialnya sama. Apa kudu banget air yang direbus 550ml? Ah, bete. tadinya aku mau tambahin sambal botolan, cuma takut nanti kepedesan /KATANYA YAH PEDAS/ yaudah gak aku tambahin deh.

Akhirnya masih nganggur di teflon. (males mindahin mienya ke piring). dipojokan, dingin. kesepian. terabaikan.

Dipikir-pikir, yaudah deh daripada mubazir, ya sebenarnya aku anggota GAM yah (Gerakan Anti Mubazir). Jadi aku bikin martabak mie aja, dicampur ama telor 2 butir (sumpah ini mienya bikin kenyang sampe bego kalo dibikin martabak itu biasa kebikin 2 porsi dengan ukuran teflon diameter ±20 cm dan tebal martabak ±1,5 cm). Kenapa 2 butir? Satu butir ngga akan ngebuat mienya merekat, sebenarnya juga mau dibikin kaya gorengan jd kecil kecil aja, tapi motong mie ini susah, jadi dibagi dua aja, kalo sekaligus takut masih mentah di bagian dalam martabak mie-nya.

dibikin jadi martabak mie. warnanya aneh ya? sebenarnya sih ngga. cuma karena cahaya matahari lagi terang - terangnya.

Jadi, kesan pertama kalinya makan mie samyang ini apa?

  •  Hambar. Bumbu sambel cabainya ngga berasa pedas. Mending disuruh makan chicken wings-nya Richeese Factory level 2 deh serius. Gatau yah ini sih lidahnya aku aja.
  • Aku kira gambar di bungkusnya itu kaya ada sayur-sayurnya aku kira KIMCHI L aku tergila-gila sama kimchinya dari Mujigae Korean Resto. Aku kira pas megang bungkusnya itu bakalan ada sesachet kimchi walaupun seuprit gitu, taunya ngga. (sama kaya mikirnya indomie goreng yang dibungkusnya ada ayam, telur, sayur, dll tapi didalemnya ngga ada. #yaudahgueyangbego)
  • Mau beli lagi buat kedepannya? SAMA SEKALI NGGAK! Sayang banget. mending beli mi instan produk lokal trus makan sampe bego. Lagian, aku ngga check lagi duh lupa banget, ada label halalnya apa ngga :(
  • Udah, mending dimasak dalam bentuk lain, jangan mengandalkan bumbu yang dikasih dari sononya. Contohnya kaya aku, samyangnya dibikin jadi martabak, atau dibuat sosis lilit mie, atau aneka masakan dari mi lainnya.

yowislah, pada akhirnya, mi instan dari Indonesia emang paling juara dan paling enak dimakan sampai saat ini. HIDUP PRODUK LOKAL! CINTAI PRODUK LOKAL INDONESIA!

Tapi lidah orang beda beda yah. Kalo kata fitri, enak enak aja tuh samyang. Tapi gatau kalo kata temen – temen yang udah makan samyang gimana pendapatnya?
Sangat enak
Enak
Netral
Tidak Enak
Sangat Tidak Enak
(polling dihitung dengan menggunakan skala likert #HALAH! DIKIRA ANALISIS DATA SKRIPSI?)

Entah karena sepanjang hidupku jadi anak kosan udah dicekokin juga dari kecil sama indomie, mie sedaaap, mie suksees, supermie atau bahkan sampai mie sakura yang JAMAN SD MASIH 300 perak tapi gatau kemana rimbanya mie ini L pas makan sebungkus ngga kenyang, tapi makan dua bungkus malah kebuang, mau dimakan mentah jadi mie kremezz, masih jadi favorit pokoknya!
Fakta tentang mie instan → regardless of the area, age and gender, instant noodles are loved as “global food”

BONUS GAMBAR :
ini iklan pertama mi indomie yang dirilis tahun 70an (sumber: wikipedia)

Indonesia indonesia adalah negara urutan ke-2 yang paling banyak ngonsumsi mi instan 

yaudahlah, penyanyi kpop dari boyband SUJU aja bawanya Mie Indomie. (kenapa ga bawa aku aja?)

SEKIAN BUAT CUAP CUAPNYA, TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA. 
HAVE A NICE DAY EVERYONE (krik krik krik)


Kata kunci :
Tantangan Makan Samyang
Mie import dari Korea
Review Mie Samyang
Mie Samyang Korea
Samyang Hot Spicy (katanya)
Samyang Challenge
Mie Instan dari Korea
Mie Instan dari Indonesia
Mie Samyang yang Lagi Hits
Mie Hits ala KPOPERS
Samyang Halal atau Tidak?
Samyang murah
Jual Samyang murah

(plis abaikan kata kunci ini)

0 komentar: